Kamis, 10 Juli 2014

Kanji Sonomama Rakubiki Jiten


A.    Pengertian
            Kanji Sonomama Rakubiki Jiten DS adalah salahsatu software/ perangkat lunak Nintendo DS yang berbentuk program kamus elektronik Jepang-Inggris atau Inggris-Jepang. Kamus elektronik ini mulai dirilis pada tanggal 13 April 2006, yang dikembangkan oleh Pengembangan Software Nintendo dan Sistem Intelegensi di Jepang.


 
Gambar 1.1: Perangkat Nintendo DS                                




 
Gambar 1.2: Software Sonomama Rakubiki Jiten        

            Program software ini sangat praktis. Dengan cara pencarian kata yang begitu cepat dan mudah, sehingga program ini tidak salah pilih sebagai kamus elektronik yang praktis bagi pembelajar bahasa Jepang. Selain itu, Program ini memuat kata-kata standard bahasa Jepang/ Inggris sebagai pencarian kata yang mudah dan dilengkapi dengan contoh kalimatnya.
            Selanjutnya, software ini memiliki cara pemasukan kata yang bervariasi. Yaitu dengan stylus (tulisan tangan dengan bolpoin tab Nintendo), dengan papan tombol kana, dan dengan papan tombol romaji yang disediakan untuk pencarian kata-kata dalam bahasa Inggris maupun Jepang. Kemudian, dalam setiap huruf/ suku kata dalam papan tombol disertai suara pengucapannya. Pemasukan kata itu dilakukan untuk menemukan kata yang diinginkan.
Kemudian, software ini juga sangat unik. Yaitu menyediakan modus kuis untuk menambah nilai pendidikan yang dimaksudkan untuk membantu orang Jepang belajar bahasa Inggris dengan TOEIC, atau Test Bahasa Inggris untuk Komunikasi Internasional. Selain itu, program ini juga menawarkan fitur yang mudah digunakan. Fitur tersebut juga disebut fitur  BENRI Kinoべんり 機能yang mencakup kalkulator, jam dunia, jam alarm, dan kalender. Perangkat lunak ini juga mencakup PICTOCHAT dengan fitur Jepang dan suaranya. Lalu, situs resmi perangkat lunak ini mengklaim bahwa software kamus elektronik ini menawarkan 13.000 kata. 


      B.    Kelebihan dan Kekurangan
                  Kelebihan:
o   Memuat kata yang cukup lengkap dan disertai contoh kalimatnya.
o   Terdapat klasifikasi kata bahasa Inggris untuk tes TOEIC.
o   Dilengkapi dengan Extra seperti Kalender dan Kalkulator
o   Bersifat offline dan fullversion.

                   Kekurangan:
            Kurang cocok bagi pembelajar pemula ketika mencari kata dari Inggris ke Jepang. Karena ketika muncul kata Jepang yang menggunakan huruf Kanji, tidak ada furigana nya.



            Sekarang, perangkat lunak ini bisa dipakai di PC/ Personal Computer. Yaitu dengan cara memakai emulator Nintendo DS.
LINK:
Emulator Nintendo DS

Format File: Rar.

LINK:
Sonomama Rakubiki Jiten

Format File: Rar.

#Dicopas saja alamat URLnya ^^


            Cara pengoperasiannya yaitu dengan meginstal emulator yang sudah didownload terlebih dahulu. Kemudian klik open pada menu bar emulator tersebut. Pilih aplikasi  Sonomama Rakubiki Jiten yang sudah didownload. Pastikan komputer/ PC sudah tersupport file yang berformat rar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar